Langit Di Wonosobo Dihiasi Warna-Warni Balon Udara

0
50

Langit di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kembali dihiasi dengan warna-warni balon udara. Festival balon udara merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat di Wonosobo tiap lebaran Idulfitri. Sejak dua tahun lalu, festival ini tidak bisa dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19. Namun pada tahun ini, festival balon uadara ini dapat diselenggarakan kembali.

Pada tahun ini, festival balon udara dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 8 Mei 2022. Lokasinya berada di empat wilayah yang berbeda, yaitu Desa Karang Luhur, Desa Sudung Dewo Kecamatan Kertek, Desa Semayu Kecamatan Selomerto, dan di Kecamatan Kalikajar. Acara ini dimulai dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, tergantung kondisi cuaca dan angin pada lokasi tempat festival diadakan.

Festival Balon Udara Di Wonosobo/ Twitter

Melalui video unggahan akun Tiktok @magelangwisata, dapat dilihat suasana pada festival balon udara ini. Dalam video unggahan, tampak puluhan balon udara sedang dipersiapkan untuk terbang di hamparan lapangan hijau. Ada pula satu hingga dua balon udara yang sudah terbangkan. Di bawah balon udara yang sedang dipersiapkan untuk terbang, ada beberapa orang yang duduk melingkari balon tersebut.

Para peserta juga antusias bisa menerbangkan kembali balon udara. Untuk bisa mengikuti festival balon udara, para peserta telah mempersiapkan selama tiga minggu, dan menghabiskan biaya hingga Rp 1 juta. Menerbangkan balon udara di festival ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Para peserta harus mengikuti aturan, seperti ketinggian balon udara yang tidak boleh lebih dari 150 meter

Festival balon udara ini digelar untuk memfasilitasi warga yang ingin menjaga tardisi dengan menerbangkan balon udara namun dilakukan secara aman untuk jalur penerbangan pesawat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini